PAI Kelas 6 Pelajaran 1 : Indahnya Saling Menghormati (Bagian 2)

Bagian 2 memuat Materi :
D. Menulis Q.S. Al-Kafirun
E. Menghafal Q.S. Al-Kafirun
F. Memahami Arti Q.S Al-Kafirun

_________ 

 D. Menulis Q.S. Al-Kafirun


Menulis huruf al-Qur’ān harus benar dan baik. Aku harus bisa menulis huruf al-Qur’ān dengan baik, benar, dan indah. Aku harus giat berlatih. Aku harus teliti, disiplin, dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tulisan.

Agar tulisan benar dan baik, aku harus memperhatikan huruf hijaiyah yang dapat disambung di awal, di tengah, dan di akhir. Juga harus memperhatikan huruf yang hanya bisa disambung di akhir.

Di bawah ini, contoh huruf hijaiyah yang dapat disambung di awal, di tengah, dan di akhir.

Sedangkan di bawah ini adalah contoh huruf hijaiyah yang hanya dapat bersambung di akhir atau dari kanan.

 

Ayo Menyalin Ayat

Ayo, menyalin ayat-ayat Q.S.  al-Kafirun ke dalam kolom sebelah kiri di bawah ini. Agar pekerjaan menyalin benar dan baik, perhatikan hal-hal berikut ini.
1. Menulis ayat al-Qur’an ndari kanan ke kiri.
2. Telitilah harakat atau tanda baca fathah tegak atau rebah.
3. Tulislah  kalimat al-Qur’ān dengan pensil agar kita bisa membentuk tipis-tebal tulisan.
4. Salinlah semua ayat-ayat Q.S. al-Kafirun di bawah ini.


 E. Menghafal Surat Al-Kafirun

Anak-anak, jika semua ayat Q.S. al-Kāfirūn telah kamu salin, selanjutnya hafalkan semua ayat tersebut hingga lancar.

قُلْ يٰٓاَيُّهَا الْكٰفِرُوْنَۙ ١

لَآ اَعْبُدُ مَا تَعْبُدُوْنَۙ ٢

وَلَآ اَنْتُمْ عٰبِدُوْنَ مَآ اَعْبُدُۚ ٣

وَلَآ اَنَا۠ عَابِدٌ مَّا عَبَدْتُّمْۙ ٤

وَلَآ اَنْتُمْ عٰبِدُوْنَ مَآ اَعْبُدُۗ ٥

لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ٦

Terjemah Kemenag 2019

1.  Katakanlah (Nabi Muhammad), “Wahai orang-orang kafir,

2.  aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.

3.  Kamu juga bukan penyembah apa yang aku sembah.

4.  Aku juga tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah.

5.  Kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah.

6.  Untukmu agamamu dan untukku agamaku.”

 


 



Posting Komentar

0 Komentar