Tahun Baru : Adakah yang Baru dalam Dirimu

 
 

Mblo.... Pergantian tahun berada di depan mata. Tinggal hitungan jam, sebentar lagi angka 2021 dengan 'pede'-nya akan mentereng menempati lembaran-lembaran kalender kita. Lalu, angka 2020 yang setahun lalu kita elu-elukan, dilupakan begitu saja. Itulah yang terjadi tiap tahun. Tak terkecuali tahun ini.

Ada yang berbeda pada pergantian tahun dari 2020 menjadi 2021 ini. Dimana riuh, gegap gempita orang tak seperti menyambut datangnya 2020, 12 bulan yang lalu. Ya, di penghujung 2020 menjelang 2021 ini kita semua tahu bahwa dunia masih dilanda pandemi Covid-19. Sehingga pergerakan orang dibatasi. Orang tak lagi boleh berkerumun layaknya perayaan tahun lalu. Konser musik digelar, petasan menggelegar dan orang-orang keluar menuju keramaian. Itu dulu. Sekarang tak ada lagi.

Namun sebenarnya perayaan tahun baru yang dilaksanakan secara beramai-ramai ternyata terlalu mainstream, sehingga tidak ada salahnya jika kamu tetap berada di rumah menikmati kesunyian di malam pergantian tahun baru 2021 ini. Ya, cukup 1 saja yang dijadikan alasan : untuk menghindari kerumunan. Walaupun sebenarnya ini juga menguntungkan buat orang seperti saya yang sering minim budget namun maksimal pengeluaran disaat tahun baru dirayakan.

Perayaan atas pergantian tahun baru sebenarnya hanyalah seremonial yang terlalu dibesar-besarkan. Nyatanya pergantian tahun 2021 hanyalah momentum yang biasa terjadi seperti bergantinya menit, detik dan seterusnya. Sama dari tahun ke tahun. Tak ada bedanya.

Jika perayaan tahun baru identik dengan keramaian, mungkin adanya pandemi yang membatasi berkumpulnya orang ini menjadi alasan perubahan konsep : Kenapa tidak mencoba merayakan tahun baru dengan konsep kesunyian, dimana masing-masing merefleksi diri tanpa hingar bingar alunan distorsi musik maupun ledakan kembang api.

Ah, apalah itu Mblo... Perayaan dan pesta bukanlah sesuatu yang penting buat saya. Saya harus mulai berfikir, memasuki tahun baru harus ada sesuatu yang baru dalam diri ini. Tentu harapannya adalah sesuatu yang dapat membedakan antara saya di tahun lalu dan saya di tahun sekarang. Berfikir tentang bagaimana menjadi berkwalitas sebagai tanda bahwa tahun telah berganti. Maka suasana dalam diri ini pun harus ikut berganti. Berganti dari yang tidak baik menjadi baik, semisal dari yang konsumtif menjadi produktif, dari yang pemalas menjadi rajin. Dan khusus buatmu Mblo, dari yang masih jomblo harus kamu temukan jodohmu di tahun ini... hehe.

Selamat Tahun Baru 2021. Semangat baru, harapan baru!

Posting Komentar

0 Komentar